Saturday

Conditional Tag Blogger

MiftahBudi14 - Conditional Tag Blogspot pasti sering di gunakan oleh para blogger yang sering memodifikasi templateblogspotnya. Conditional Tag Blogger adalah cara dimana membuat tampilan yang berbeda pada homepage  atau pada postingan blogspot. Misalnya pernah kita temukan saat blogwalking atau tidak sengaja masuk ke blog orang via google, dalam postingannya terdengar backsound atau background musik. Tapi pada saat kita masuk ke halaman utamanya musik tidak terdengar lagi. Kemungkinan empunya blog tersebut memasang tag conditional pada script backsoundnya. Bingung ? Sama rolling on the floor . Oke biar gak tambah bingung berikut ini beberapa conditional tag blogspot :



Halaman Depan / Home Page

<b:if cond='data:blog.pageType == data:blog.homepageUrl'>
Code Here 
</b:if>  
Halaman Arsip / Arsip Page
<b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'> 
Code Here
</b:if> 
Halaman Postingan / Post Page
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'> 
Code Here
</b:if>
Halaman Statis / Static Page
<b:if cond='data:blog.pageType == "static_page"'> 
Code Here
</b:if>
Berdasarkan URL tertentu / Particular Page
<b:if cond='data:blog.url == "URL_HERE"'> 
Code Here
</b:if>
Nah dari ke lima conditional tag di atas kita coba ambil yang pertama yaitu bagaimana hanya menampilkan suatu content hanya pada home page atau halaman utama blogspot. Sebagai contoh kita hanya ingin menampilkan backsound maka kodenya  :
<b:if cond='data:blog.pageType == data:blog.homepageUrl'>
Script Embed Musik Di sini
</b:if>  
Letakkan kodenyanya di dalam Template dalam posisi yang kamu inginkan seperti headerfooter atau body, Ingat ! Bukan di dalam widget html/javascript ! .

Lalu bagaimana jika ingin menampilkan musik di semua halaman kecuali home page ? berikut ini kodenya :.
<b:if cond='data:blog.pageType != data:blog.homepageUrl'>
Script Embed Musik Di sini
</b:if>  
Apa perbedaanya, Lihat tanda bold merah di atas perbedaannya hanya merubah kode (sama dengan= yang pertama dengan (tanda seru! .

Begitu juga dengan tag lainnya, lakukan hal yang sama untuk menampilkan sebuah content di semua halaman kecuali di halaman yang di maksud.

Oke, Jika ada yang salah atau ada yang kurang mohon di tambahkan dengan meniggalkan komen di bawah big grin . Semoga dapet di mengerti dan selamat berkreasi winking 

Conditional Tag Blogger Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous

1 komentar: