Tuesday

Sedikit Tips amankan PC dari serangan VIRUS

  • Apakah komputer Anda Aman dari serangan VIRUS!?
    mungkin ini adalah sesuatu masalah yang sering dibahas dalam berbagai artikel tentang komputer di seluruh blog di internet. Ketika komputer kita terhubung dengan internet, maka kita harus super hati-hati, karena bahaya serangan virus akan selalu mengancam komputer atau laptop kita. Tidak dapat disangkal lagi, kita memang sangat tergantung dengan internet. Melalui media ini kita dapat mengakses semua informasi yang kita butuhkan dengan cepat dan akurat. Namun ketika PC kita atau lapotop kita terjangkiti oleh virus, tentu kerjanya tidak jadi optimal, sehingga aktivitas kita menjadi sangat terganggu.
    Apa latar belakang artikel "Tips amankan PC dari serangan VIRUS... ini ditulis ? Tentunya adalah untuk memberikan gambaran dan langkah-langkah strategis agar komputer atau laptop kita aman dari VIRUS yang mematikan.
    Terdapat 7 langkah yang mesti harus kita lakukan supaya komputer atau laptop tecinta kita nggak terkena atau terjangkit sebuah virus. Otomatis jika kita bicara kemanan komputer dari mencegah virus komputer.
    Sedangkan untuk urusan keamanan komputer dari aksi para maling ataupun bandit-bandit nakal yang sering berkeliaran di sekeliling kita, itu diluar artikel ini ya....Disini hanya mengkhususkan diri utuk virus Komputer bukan Maling komputer.....ckckckckkk.
    Berikut 7 Tips artikel Keamanan Komputer menurut saya tentunya :

    1. Gunakan AntiVirus
    Tentu saja ini yang paling penting. Mau nggak mau anti virus seperti sebuah penjaga yang akan mencegah berbagai macam virus. Oh ya! Jika nggk punya duit jangan gunakan antivirus bajakan…gunakan antivirus gratis saja. Tidak kalah hebat kok dalam membasmi virus internet.
    untuk lebih baik lagi ya Antivirus yang berbayar, ( Recommendasi saya ) Gunakan NOD32 Antivirus 5 terbaru,
    ( Bukan iklan ya ), knapa sy recommendasikan AV ini, karna Riset2 yg dilakukan para ahli NOD32 menjadi unggulan sebagai Antivirus terbaik sejagat raya (Menurut saya loohh )...hikhikhik..( yg mau minta Serialnya boleh langsung ke inbox ), tuh baikkan sy?? sampe mau kasih serialnya segala...hehehheee

    2. UPDATE!
    Jangan lupa untuk selalu mengupdate apapun demi keamanan komputer. Bukan hanya anti virus saja yang diupdate. SEMUANYA! baik itu Operating Systemnya, Software yang terinstall maupun driver. Tidak ada perangkat lunak atau software yang sempurna..pasti ada sebuah celah keamanan. Jangan percaya programmer yang berkata “Software saya sepurna dalam keamanan komputer”
    Untuk menutup lubang keamanan itu kita harus update dan update. Karena virus internet juga selalu update dan update.
    Tp susahnya kalau OS agan-agan sekalian pake bajakan, pasti ga ada yg mau update...knpa? takut ketauan ama mikocok ya?...hehheee (kidding)

    3. Hati-hati saat browsing
    Kebanyakan virus internet menyebar dari situs porno maupun warez (mp3 ilegal, software bajakan dsb). Jika tidak mau terkena virus ya jangan kesana. Ini cara terbaik dalam mencegah virus komputer.
    Tapi saya tahu anda sudah kecanduan dengan situs semacam itu....ckckckckk.... Maka daripada itu jika ada peringatan dari browser anda, lebih baik acuhkan saja situs tersebut. Atau saat berkunjung ke website itu muncul kotak dialog yang isinya meminta untuk menginstall sesuatu....sudah acuhkan saja.
    Berhati-hatilah biasanya situs semacam itu menggunakan permainan kata-kata seperti sedang memberikan hadiah kepada anda. Kenyataanya itu adalah sebuah virus internet yang dapat mengganggu keamanan komputer.jika anda adalah pengguna Mozilla Firefox, saran saya gunakanlah addon WOT (Web of Trust) sebagai penangkalnya...

    4. Selalu scan file yang di download
    Apapun file yang anda download walaupun itu berasal dari website yang terpercaya sekalipun Itu Harus tetap diSCAN pakai anti virus, apalagi jika dirasa mencurigakan. Contohnya setelah anda mendownload e-book gratis, apa anda yakin ebook itu bebas kuman..?? eh maksudnya bebas virus. Atau saat mendapatkan script gratis..apa benar script itu benar-benar aman..??
    Mencegah itu selalu lebih baik daripada mengobati, kalau anda masih kurang percaya dengan AV anda saat ini, silahkan UPLOAD file hasil download tan anda ke www.VIRUSTOTAL.com, disini file anda akan coba discan dengan Antivirus - antivirus terbaik sedunia.

    5. Hati-hati email
    Salah satu penyebaran virus internet adalah melalui email. Apalagi jika mendapat email yang berisi file seperti EXE, VBS, BAT. Ditambahlagi itu dikirim oleh orang asing…bisa-bisa virus internet itu mematikan komputer lalu reboot dan muncul pesan “Selamat Harddisk anda kapasitasnya bertambah ”
    Gimana nggak bertambah, lha wong semua file dihapus. ( wkwkwkwkkkk )

    6. Setting Beberapa Registry dan System lainnya ( untuk yang sudah Expert )
    Ada pepatah bilang tak kenal maka tak sayang, lalu orang dulu bilang kenali dulu musuh anda biar anda tau cara mengatasinya....Nampaknya wejangan2 ini berlaku juga untuk permasalahan yg berkaitan dgn Virus Komputer...knapa..?? karna jika anda tidak tau cara kerja sebuah virus, bagaimana mungkin anda mau terbebas dari serangan mereka...(analoginya seperti itu )...laahh trus gmn kita mau berkenalan dgn VIRUS..??
    jika Komputer anda sebelumnya sdh pernah terjangkit VIRUS, pelajari tingkah laku si VIRUS itu, apa saja yg dia rusak, dan bagaimana cara dia menginfeksi ( Saat mempelajarinya harus menggunakan Nalar Logika )...pada dasarnya Virus itu bukanlah sebuah penyakit yg muncul dan berjalan dgn sendirinya, VIRUS itu hanyalah sebuah perintah yg berisi logika2 terstruktur yg disusun si pembuatnya untuk menjalankan misi tertentu, jadi intinya jika logika tersruktur itu bisa kita cegah, maka sesungguhnya virus itu tidak akan pernah berjalan dan menjangkiti System Operasi anda....caranya adalah dgn mensetting beberapa Registry dan system OS anda yg sering dipakai virus untuk berjalan menjangkiti Komputer anda ,karna kebanyakan VIRUS pasti merubah nilai value dari registry, maka kita perlu mensettingnya untuk penjegahan
    misalnya :
    • Ubah Registry Autorun menjadi Disable
    • Disable Wscript
    • Ubah setting Extention dan Daftarkan Extention yg anda mau...misal : *.doc menjadi *.doctorument dan seterusnya.
    • Gunakan Software Untility yg secara khusus merawat Registry anda.
    • Pantau aktifitas Process diTaskmanager jika dirasa ada yg janggal dgn komputer anda.

    7. Baca terus Artikel keamanan komputer
    Perkembangan sebuah komputer itu berjalan seperti halnya seekor panther …cepat sekali bukan. Mungkin artikel kemanan komputer yang anda baca 1 bulan yang lalu sudah usang termakan zaman. Jadi terus-teruslah membaca berbagai artikel komputer yang bagus, karna tehnik penyebaran VIRUS tiap hari selalu update dengan VARIAN - VARIAN yang Update pula.
    Manfaat Komputer itu memang banyak sekali.
    Tapi disaat bersamaan juga muncul hal-hal yang merepotkan , maka kita haus belajar supaya keamanan komputer kita terjaga.

    OK, mungkin segitu ajja sedikit tipsnya....sedikit aja ya...jgn banyak2,tar malah puyeng.....ckckckk :) apa ada yg mau menambahkan....monggo...wanipiro..??? hikhikhik
    Thank's aLL...

    ICC

Sedikit Tips amankan PC dari serangan VIRUS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

2 komentar:

  1. bngung gan??ad yng lbih simple ndak??

    ReplyDelete
  2. cara paling simple :
    1.Pc jgn dipake Internetan
    2.Jangan colok Flashdisk ke PC anda
    3.Simpen dilemari dan jangan sekali kali dibuka

    Saya jamin tidak terserang virus
    heheh

    ReplyDelete