Friday

Cara Service AC Sendiri Dengan Mudah


service-ac-sendiri
AC atau Air Conditioner adalah sebuah alat elektronik yang berfungsi sebagai alat pendingin ruangan yang dapat di pasang di kantor, atau di rumah. Saat ini AC merupakan barang yang hampir menjadi kebutuhan setiap orang khususnya di Jakarta. Jakarta memiliki cuaca yang bisa di bilang cukup panas karena itu cukup banyak penggunaan AC di rumah-rumah atau di kantor yang berlokasi di Jakarta.
Sama halnya dengan alat elektronik lainnya AC juga membutuhkan perawatan atau service berkala, untuk perkantoran mungkin mudah hanya tinggal menggunakan jasa service AC di Jakarta, namun untuk rumah bisa melakukan service AC sendiri.
pada artikel kali ini saya akan jelaskan bagaimana melakukan perawatan atau service AC secara manual. 

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak langkah-langkah Service AC Sendiri Dengan Mudah berikut ini:

  1. Buka seluruh penutup Indoor unit AC
        Caranya yaitu melepaskan baut penutup dengan menggunakan obeng setelah itu tekan bagian pengait dan tarik penutupnya.

  2. Siapkan plastik pelindung
         Plastik pelindung berfungsi untuk melapisi bagian sisi unit AC. Lapisan ini untuk melindungi panel kontrol AC dan tidak mengotori dinding rumah Anda.

  3. Siapkan cairan pembersih elemen alumunium AC.
         Campurkan dengan air  dengan perbandingan air 1:1 setelah itu Oleskan cairan dengan kuas searah elemen kisi-kisi evaporator.Biarkan kurang lebih 5 menit agar cairan bekerja maksimal. Jika tidak memiliki cairan tersebut Anda bisa bersihkan hanya dengan kuas atau air saja. Namun hasilnya tidak akan maksimal

  4. Semprot dengan air
          Saat mengangkat debu karat, semprot dengan air,namun caranya berbeda yaitu dengan menutup sebagian ujung selang dengan ibu jari atau menggunakan sprayer sampai tak terlihat busa, ini berguna agar tekanan air yang disemprotkan akan lebih kuat mengangkat debu

  5. Bersihkan blower AC
          Pada bagian blower ,semprotkan air sambil memutar-mutarnya dengan jari agar semua bagian blower tersiram bersih. lalu lubang pembuangan AC dibersihkan dengan pipet yang di tiup-tiup.

  6. Keringkan unit indoor sebelum dipasang kembali.
          Keringkan terlebih dahulu bagian fiber dan bagian-bagian spare part AC, setelah kering barulah di pasang kembali

    ya itulah
    langkah-langkah merawat atau men-service ac sendiri, semoga berguna bagi Anda yang ingin melakukan perawat pada AC Anda.



Cara Service AC Sendiri Dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

2 komentar:

  1. Makasih sobh, artikelnya amat membantu buat yang mau benerin AC sendiri... Nice info dah...


    Kunjungi juga, [http://coretan-coretanmaut-rizal.blogspot.com/]

    ReplyDelete