Saturday

Cara Mengukur Berat dan Loading Blog

Keasyikan mempercantik tampilan blog  dengan memasang segala pernak pernik accessories seperti widget, banner dsb, hingga membuat penampilan blog kita semakin cantik dan elegan, tapi itu harus dibayar mahal dengan loading  yang lama karena blog kita menjadi berat alias gendut bin gembrot, apalagi kalau koneksi internetnya lambat. Itulah yang saya alami hingga lupa Mengukur Berat Dan Loading Blog ini.

Dulu pernah diingatkan tentang berat loading blog ini, saya sudah pernah ganti template kurang lebih 6x dan belum menemukan template yang cocok dan ringan untuk blog saya ini. Dan akhirnya saya memilih template newbie transparent v1.0 ini. yaa... walaupun template ini tidak bersahabat dengan Web browser Mozilla Firefox, mau gimana lagi, wong udah cinta :D

Dulu sebelum saya rombak, template ini beratnya 217 kb, namun setelah saya edit sekarang beratnya hanya 76 kb. tapi itupun hanya berlaku di Web browser Google Chrome.

Sekarang saya punya tools untuk mengukur berat blog ini, agar selalu ingat untuk diet. ya itung-itung di Posyandu aja kan tiap bulan balita itu mesti timbang berat badan biar sehat... hihihi :D

Ada beberapa tools online service yang menyediakan jasa untuk test kecepatan atau Mengukur Berat Dan Loading Blog atau website, namun ingat hal ini tidak termasuk: koneksi internet yang memang lambat, komputer kita yang memang lemot & jadul dan kesalahan alam lainnya , tools tersebut diantaranya:

  1. Pakai  iwebtool speed test : Tinggal masukan URL Blog, klik Submit nanti akan tahu seberapa berat Sizenya (kb) dan berapa lama loadingnya (seconds).
  2. Tool Pingdom  : Yang ini hasilnya agak komplit dan rinci sebab menampilkan grafik tentang lamanya loading dari semua objek  link yang ada dalam blog kita,
  3. Tool Stopwatch  : Namanya juga stopwatch jadi kita akan tahu berapa detik loading blog kita.
  4. Pakai WebSiteOptimization.com.  Yang ini hasilnya akan lebih komplit lagi, kita dapat mengetahui seberapa cepat waktu loading sebuah website apabila diakses menggunakan 6 kecepatan koneksi internet. Hasil tes juga disertai dengan analisis website yang dapat dipakai sebagai acuan untuk optimasi website lebih lanjut.


    Dari tools diatas, disini saya hanya akan pasang yang no. 1 saja, sedangkan untuk yg lainnya akan saya posting kemudian (jika sempat). Namun agar blog/website kita tidak berat dan loadnya cepat ada beberapa tips yg mesti diperhatikan diantaranya :

    1. Hapus Widgert/script yang tidak penting-penting amat, hal ini berdasarkan kepada :
      • Apakah widget ini sangat anda butuhkan ?
      • Apakah widget ini mempunyai nilai/kegunaan bagi pembaca (jika widget ini tidak ada apakah pembaca akan kesulitan mencari sebuah artikel)?
      • Apakah pembaca anda akan mengeluh jika anda menghapus widget dari tampilan blog anda? 
    2. Kurangi jumlah atau perkecil gambar yang anda gunakan . 
    3. Sederhanakan CSS anda.

      Semoga Dapat bermanfaat :D

Cara Mengukur Berat dan Loading Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Miftah Budi

9 komentar:

  1. makasih gan....ane butuh banget buat blog ane....
    kunjung balik ya gan...sama minta saran buat blog ane....
    hkhkhk

    ReplyDelete
  2. ow.. gtu ya gan, thanks ya nanti sya ukur blog saya

    ReplyDelete
  3. @widodo : boleh sob..

    @arifin : siip..

    @catatan : ok,,siip,,

    ReplyDelete
  4. mantaap ne gan
    makasih ya ya

    ReplyDelete
  5. ane mau tes dulu gan...seep thanks infonya...:)

    ReplyDelete