Monday

Jenis Kabel Jarigan

Jenis Kabel Jaringan yang digunakan pada sebuah rangkaian jaringan berbeda-beda, tergantung dari kemampuan mentransmisi data. Jenis kabel jaringan yang palign sering digunakan adalah kabel coaxial, twisted-pair dan serat optik.

Kabel Coaxial
Kabel Coaxial adalah jenis kabel jaringan yang paling umum yang terbuat dari kawat bagian dalam dan dikelilingi oleh lapis bahan penyekat, lapis penghantar kawat terpintal, lapis penyekat lainnya dan penutup dari plastik.
Untuk penggunaan kabel coaxial bisa menggunakan jenis RG-58 (10BASE2) dan RG 11 (10BASE5). Kabel coaxial jenis RG-58 fisiknya lebih tipis sedangkan kabel coaxial jenis RG-11 secara fisik terlihat lebih tebal dan keras.

Kabel Twisted-Pair
Kabel Twister-Pair sesuai dengan namanya yaitu kabel berpasangan dan terpilin, yaitu terdiri dari 2 pasang kawat terpilin.
Kabel Twisted-pair harganya lebih murah dibandingkan dengan kabel coaxial, namun dalam sebuah jaringan akan lebih baik menggunakan kabel Twisted-pair bila dibandingkan kabel coaxial karena apabila terjadi kerusakan pada kabel jaringan Twisted-pair tidak mengganggu komputer lain dalam jaringan yang sama. Berbeda dengan kabel coaxial, apabila terjadi kerusakan pada kabel jaringan maka seluruh jaringan akan terputus.

Kabel Serat Optik
Kabel serat optik saat ini semakin sering digunakan karena kehandalannya dalam kecepatan transmisi data.
Jenis kabel serat optik ini terdiri atas kaca tipis atau filamen plastik, kurang lebih selebar rambut manusia dan dilindungi oleh bantalan plastik tebal dan selubung plastik luar. Kabel serat optik menggunakan sinar laser bergetar dan bukan frekuensi elektronik untuk mengirim sinyal.
Penggunaan cahaya memberikan keuntungan dibandingkan dengan penggunaan listrik. Sinyal cahaya dapat merambat lebih jauh, lebih cepat dan lebih andal hal ini dikarenakan sinyal cahaya tidak mengalami impedensi listrik dari kawat tembaga dan dapat bergetar dengan laju lebih cepat dibanding frekuensi listrik, namun untuk harga dan biaya pemeliharaan kabel jenis ini lebih mahal dibandingkan kabel Twisted-pair dan Coaxial.

BukanPC+

Jenis Kabel Jarigan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Miftah Budi

0 komentar:

Post a Comment