Sunday

Tempat Wisata Liburan Lebaran Terfavorit

edit_Sejumlah_Warga_berlibur_di_Waterboom_Jessica_Waterpark_Pesona_Mahakam_NEVRIANTO_HP.jpgMiftahBudi14 - Selain saling bermaaf-maafan, momen liburan Idul Fitri biasanya dirangkai dengan agenda wisata, rekreasi hingga  serunya nge-games. Tak heran, menjelangnya pengelola objek wisata hingga pusat-pusat games berbenah. Ini dilakukan untuk memberi kenyamanan bagi para pengunjung yang diprediksi membludak. Kemana Anda berwisata bareng keluarga?

Di Carribean Waterpark yang berlokasi di Perumahan Balikpapan Regency, kesibukan persiapan libur Lebaran telah dilakukan sejak awal puasa. Selama sebulan ini, waterpark tidak beroperasi karena merenovasi seluruh bangunannya.

 "Mulai dari memperbaiki keramik di kolam, mengecek pompa, mengecat arena permainan hingga menambah wahana baru memang kami lakukan selama ramadhan. Wahana barunya adalah dry pool. Jadi saat libur Lebaran semua bisa digunakan maksimal, dan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung," kata Joko, Koordinator Carribean Waterpark. Prediksinya, pada hari kedua dan ketiga Lebaran, pengunjung akan membludak.

Selain mempersiapkan seluruh fasilitasnya, para pengelola arena bermain juga menyiapkan personil dengan menambah jumlahnya, khususnya untuk pengamanan selama libur panjang nanti. Terkait dengan harga rata-rata permainan di pusat perbelanjaan tidak menaikkan tarif, hanya Carribean Waterpark saja yang memasang tarif lebih mahal dari hari biasa, yakni Rp 60.000 per orang selama libur Lebaran, atau naik Rp 10.000 dari biasanya.


Sementara Fun World dan Funstation yang berlokasi di e-Walk Balikpapan Superblock juga jauh-jauh hari mempersiapkan seluruh keperluannya, mulai dari stok spareparts berlipat-lipat ganda dari biasanya, perbaikan lampu-lampu hingga suvenir untuk hadiah yang dinaikan jumlahnya sampai lebih dari 100 persen. "Suvenir mulai dari makanan ringan, stiker, boneka hingga gantungan kunci kami naikkan dari yang biasanya sebulan 25 koli, khusus untuk libur Lebaran jadi 50 koli," kata Herry Prabowo, Supervisor Fun World.

Begitupula untuk spareparts seperti roda, dan perkakas lain yang biasanya disiapkan 1-2 unit kini jadi 12 unit.  Sementara itu untuk memberikan rasa nyaman dan aman saat bermain, Fun World juga rutin membersihkan area permainan anak yang biasa dikenal dengan permainan mandi bola.

Tak jauh berbeda dengan Fun World, arena permainan Funstation pun sejak dua minggu sebelum lebaran telah bersiap diri. Bahkan untuk memberikan kenyamanan yang lebih bagi pengunjung, Funstation memperluas areanya dan memindahkan beberapa mesin permainan ke tempat yang lebih representatif.

Di area baru itu juga didirikan Fun Cafe, yang menjual minuman dan panganan ringan untuk pengganjal perut. "Jadi sambil bermain mereka juga bisa mengisi perut, tidak harus keluar arena Funstation untuk sekedar minum dan ngemil. Khusus untuk hadapi libur Lebaran nanti kami telah menyiapkan stok suvenir untuk hadiah, jumlahnya ditambah 50 persen dari hari biasa," kata Fahrurrazi, Manager Funstation.


Di Penajam Paser Utara, ada  Wana Wisata Api-api (WWA). Ini wahana di alam bebas.  Lokasinya yang berada di atas bukit dan persis di jalan provinsi, membuat wahana ini mudah dijangkau. Bahkan di atas bukit bisa melihat pemandangan Kota Balikpapan.


Berada di alam bebas, membuat manajemen WWA melakukan persiapan pengamanan. Penanggungjawab WWA, Suyanto,  mengungkapkan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi apa-apa, pihaknya menempatkan sejumlah petugas. Bahkan di setiap wahana permainan akan ditempatkan dua petugas yang akan memantau  pengunjung.

Namun yang paling penting katanya, adalah bahaya kebakaran. Karena WWA ini berada di antara hutan-hutan dan sekarang musim kemarau, rentan terjadi kabakaran. "Kami akan mewanti- wanti pengunjung agar tidak sembarangan membuang puntung rokok," ujarnya.(mei/mir)

Tempat Wisata Liburan Lebaran Terfavorit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous

0 komentar:

Post a Comment