Sunday

Mengatasi dan Mengobati Penyakit Asma

Halo sobat..!!! kali ini ane akan sahre tetang kesehatn dimana kali ini untuk mengatasi dan mengobati Penyakit Asma namun sebelum itu kita harus mengetahui apa arti dari penyakit ini...!!! Asma adalah satu penyakit turunan. Jika orang tuanya atau kakek-neneknya asma, kemungkinan seseorang bisa mendapat penyakit asma. Gejala penyakit Asma adalah orang sukar bernapas hingga berbunyi (mengi/bengek) karena saluran pernafasannya menyempit akibat lendir yang disebabkan alergi.

Sekitar 7% penduduk dunia (300 juta jiwa) menderita penyakit asma. Di AS, 4.000 orang tewas setiap tahun karena asma.
Asma adalah penyakit menahun/kronis. Menurut ilmu kedokteran Modern tidak bisa disembuhkan. Namun gejalanya bisa dikurangi.

Penderita Asma juga harus menghindari faktor alergi yang bisa menyebabkan asma seperti debu, kapuk, bedak, udara dingin, dan sebagainya. Tertawa atau kecemasan yang berlebihan juga harus dihindari. Faktor alergi tersebut mungkin berbeda-beda untuk tiap orang.

adapun cara mengatasi dan pengobatan penyakit asma ini adalah :

Olahraga lari pagi. cara ini bisa membantu sobat dengan lari pagi hampir setiap hari sejauh kira-kira 4 km dengan waktu sekitar 30 menit. Saat lari, nafas diatur. Tarik nafas pelan-pelan, kemudian mengeluarkannya secara perlahan. Kecepatan lari pun tidak terlalu kencang karena akan mengakibatkan anda cepat capek. Jika anda capek, jalanlah selama 2-5 menit.

Jika sobat belum pernah berolahraga, mulailah secara bertahap agar tidak kaget/pegal. Jangan lari pagi langsung 3 km. Tapi mulai saja dengan 200 meter. Besoknya baru ditambah 100 meter, dst. Awali dengan pemanasan jalan kaki sekitar 5 menit, baru lari pagi. Kalau mengangkat besi juga begitu. Meski sobat sanggup mengangkat 30 kg, mulailah dengan 20% dulu yaitu 6 kg saja dengan pengulangan 10 x dan jumlah set 3-5 x. Kemudian naikkan secara bertahap sebanyak 2 kg.
insyaAllah dengan sering lari pagi, paru-paru sobat pun menjadi kuat. Memang orang sering beranggapan bahwa penderita Asma tidak boleh capek.  Ini separuh benar. Biasanya yang membuat asma kambuh itu adalah gerakan dengan nafas yang tidak beraturan seperti bermain, bekerja keras, lari cepat, sepak bola, dan sebagainya.

Tapi jika nafasnya diatur seperti menarik nafas panjang-panjang kemudian mengeluarkannya sampai habis dengan berirama seperti pada lari pagi, berenang, atau pun angkat besi, justru itu membuat paru-paru kita lebih kuat.   Bahkan ada juara dunia renang yang ternyata merupakan mantan penderita asma. Selain lari pagi, anda juga bisa mencoba olahraga renang. Olahraga angkat besi / fitness juga tidak masalah. Saya rutin melakukannya 2-3 kali seminggu.

dengan rajin lari pagi, ada baiknya sobat berlatih dengan memakai pelatih olahraga misalnya di Klub Asma, Klub Renang, atau Fitness Center.

Selain berolahraga, sobat juga harus mengenal zat-zat yang bisa menimbulkan alergi sehingga hidung sobat jadi ingusan yang akhirnya nanti merambat ke tenggorokannya. untuk hal biasa sobat mencoba menghindari debu, bedak, dan juga kapuk. Untuk itu bantal dan tempat tidur sobat baiknya menggunakan busa/dakron.

Udara dingin juga bisa menimbulkan asma. Untuk mengatasinya, sobat bisa bisa oleskan balsam Vicks atau Transbulmin. pakai pakaian yang tebal/selimut. Hindari juga tempat yang lembab. Saat udara dingin, matikan AC, jika perlu ventilasi udara ditutup sebagian. Jika masih dingin juga bisa pakai bohlam pijar 100 watt agar ruang menjadi hangat.

sobat juga bisa berobat ke ahli Gurah tempatnya yang ada didaerah sobat sendiri. biasanya selama 1 jam lendir mengalir dari mulut dan hidung meski sobat tidak sedang pilek. Warnanya hijau dan kecoklatan. Esok harinya, nafas sobat akan begitu lega dan lapang.

untuk pengobatan yang mengalami flu atau pilek, baiknya meminum obat Dexamethazone (3×1/hari) dan Amoxycillin (3 x 1/2  tablet/hari). Untuk expectorant (pencair dahak) bisa menggunakan obat sirup Molapect. Tapi penggunaan obat ini harus hati-hati dan dilakukan jika perlu saja karena efek sampingnya juga berbahaya.

Cobalah minum madu dan minyak habbatus saudah setiap hari agar stamina tubuh sobat jadi lebih kuat. Jika lambung sobat kuat, sobat bisa minum kopi hangat. Sebaiknya kopinya direbus hingga mendidih. Bukan diseduh dengan air panas. Lebih baik lagi minum Kopi Radix (kopi yang dicampur herbal seperti Pasak Bumi, Mengkudu, dsb) sehingga lebih aman meski harganya 4x lipat harga kopi biasa. Coba minum di pagi dan malam hari.

saran yang alami yaitu dengan meminum segelas air yang dicampur dengan segenggam DAUN Putri Malu dan diblender kemudian disaring dan diminum. Hindarkan Bunganya karena BERACUN. insyaAllah yang mencoba akan berhasil berhasil.

gimana sobat...!!!! semoga cara ini bis membantu sobat yang mengalami penyakit Asma...!!! 

Mengatasi dan Mengobati Penyakit Asma Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin - Akhmad Ilham

0 komentar:

Post a Comment