Friday

Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari Blog

BLOG tak hanya bisa dijadikan wahana curhat atau berbagi ide dan gagasan. Blog juga bisa dijadikan ‘tambang emas’ untuk meraup rupiah atau dolar. Secara umum, ada dua cara mendapatkan uang dari blog, yakni cara langsung dan tak langsung. Cara langsung adalah Anda mendapatkan uang melalui atau dari blog. Cara tak langsung Anda mendapat uang karena aktivitas ngeblog.

Menghasilakan uang dari blog
Menghasilakan uang dari blog


1. Cara langsung
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang langsung dari blog. Beberapa yang sudah terbukti dan kerap digunakan blogger Indonesia adalah:
a. Menjual produk milik sendiri
Dengan cara ini Anda menjadikan blog sebagai toko online dan menjual produk milik sendiri. Produk yang dijual bisa yang nyata (buku, kaos, cenderamata, kue dsb) atau produk digital (ebook, video, program komputer dsb).

b. Menulis review
Anda menulis review tentang produk atau layanan tertentu, dan mendapatkan imbalan. Untuk bisa menulis review Anda sebaiknya bergabung dengan situs tertentu yang bisa memberikan order. Ada beberapa situs luar dan dalam negeri yang bisa dijadikan pilihan. Untuk dalam negeri harga sebuah review berkisar pada 500 ribu hingga jutaan rupiah. Lumayan untuk sebuah tulisan.

c. Memasang iklan
Ini termasuk cara termudah untuk mendapatkan uang. Anda hanya perlu memasang iklan di blog, dan jika pengunjung mengklik iklan yang dipasang Anda akan mendapatkan uang. Layanan yang paling terkenal adalah Google Adsense. Di Indonesia ada juga beberapa layanan serupa dengan harga sekali klik yang bervariasi.

d. Jadi makelar
Anda juga bisa mendapatkan uang dengan menjadi makelar atau calo. Jadi Anda merekomendasikan produk atau layanan tertentu, dan jika ada pembaca yang membeli produk yang direkomendasikan, Anda akan mendapatkan komisi.
Untuk produk nyata, Anda bisa menjadi calo dengan menjajakan produk yang dijual di amazon.com. Besarnya komisi untuk setiap transaksi di Amazon adalah 4 hingga 14 %.
Untul produk digital, Anda bisa menjajakan produk dengan bergabung pada clickbank.com. Besarnya komisi berkisar pada 50 hingga 75%. Jadi jika Anda menjual sebuah produk digital seharga $45 dengan komisi 75%, Anda akan mendapatkan uang sebesar $33,75. Itu hanya untuk 1 transaksi! Bayangkan jika Anda menjual 5 produk per hari (ayo, dibayangkan dong. Jangan diam aja, hehehehe).
Menjadi makelar dengan mempromosikan produk milik pihak lain (istilah kerennya affiliate marketing) disebut-sebut sebagai salah satu cara untuk menjadi kaya melalui blog.

e. Mengikuti kontes
Anda bisa mendapatkan uang jika mengikuti kontes dan menjadi pemenang. Umumnya kontes tidak memberikan hadiah uang tunai. Jadi jika menang dan ingin dapat uang hadiahnya bisa dijual, hehehehe.
Di kompasiana Anda tidak bisa menjual atau merekomendasikan produk melalui tulisan (jika nekat membuat tulisannya akan dihapus oleh admin). Namun Anda bisa mengikuti kontes yang rutin digelar. Saya beruntung bisa mendapatkan sebuah ponsel cantik karena menjadi pemenang blogshoptips edisi Juni (program kontes ini rupanya sudah game over ya?). Di platform blog lain saya juga pernah mendapat sebuah Blackberry karena menang kontes. Ya lumayanlah untuk aktivitas iseng-iseng.

2. Cara tak langsung
Anda bisa mendapatkan uang secara tak langsung karena aktivitas ngeblog. Beberapa ‘sumber uang’ antara lain:

a. Menulis buku
Anda bisa menulis buku terkait aktivitas ngeblog. Ada dua cara. Pertama Anda memilih tulisan terbaik yang dibuat di blog dan dijadikan buku. Kedua, Anda menulis hal-hal yang terkait, baik langsung maupun tak langsung, dengan aktivitas ngeblog. Buku bisa diterbitkan sendiri (self publishing) atau menyerahkan ke penerbit terkemuka.

Gramedia pernah menerbitkan serial buku terkait SBY yang dibuat kompasianer (yang wartawan Kompas) Wisnu Nugroho . Semua naskah adalah hasil tulisan kompasianer tersebut ketika bertugas meliput aktivitas presiden.

Bersama seorang teman saya pernah menerbitkan buku yang diambil dari blog rumahkayu . Dengan penerbit Elex Media Komputindo saya sudah menulis beberapa buku terkait aktivitas ngeblog dan internet, dan sekarang sedang menggarap ’99 Jurus Mabuk Ngeblog’ dan ‘Mengoptimalkan Blog dan Social Media untuk Small Business’. Uang yang didapatkan dari penulisan buku memang tidak besar, tapi lumayanlah untuk nambah-nambah ;).

b. Pembicara seminar
Jika sudah dikenal sebagai blogger, terutama untuk bidang tertentu, Anda bisa menjadi narasumber di sejumlah seminar, workshop dan sejenisnya. Tentu Anda bisa mendapatkan uang dari kegiatan itu.

c. Jadi narasumber media massa
Anda juga bisa menjadi narasumber untuk media massa, baik lokal maupun nasional,  media cetak atau elektronik. Tentu, sama seperti pembicara seminar, Anda hanya bisa menjadi narasumber jika dianggap kredibel. Kredibilitas hanya muncul jika Anda sudah ngeblog untuk jangka waktu yang lumayan lama dan konsisten membahas bidang tertentu. Memang umumnya media massa tidak membayar seseorang yang dijadikan narasumber. Tapi jika Anda rutin muncul sebagai sumber berita, itu sangat positif untuk pencitraan. ‘Nilai tawar’ untuk menjadi pembicara juga menjadi semakin besar.

d. Juri kontes
Jika sudah dikenal sebagai blogger, Anda bisa diundang menjadi juri kontes ngeblog. Jika penyelenggara kontes ngeblog itu swasta atau instansi  tertentu, Anda bisa mendapatkan uang. (Saya belum pernah menjadi juri kontes atau  narasumber media massa. Jadi apa yang saya paparkan hanya berdasarkan pengamatan, hehehe).

sumber : bamz.us

Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous

6 komentar:

  1. hmmm tpi susah juga klo tnpa usaha kras. hehehe komen back yaw

    ReplyDelete
  2. Isi artikel yang sangat berguna sekali, sehingga artikel ini menjadi terpopuler. Tampilan blog yang sangat dinamis dan loading yang ringan membuat pengunjung blog betah berlama lama disini. Sehingga blog ini ramai pengunjung

    jangan lupa visit my blog

    #SalamBlogger

    ReplyDelete
  3. @Vicio : semuanya emang perlu usaha gan :D

    @Sugeng : thanks

    @No : thanks kunjungannya

    ReplyDelete
  4. langsung ane cobain sob!

    ReplyDelete
  5. mantab infonya gan... sangat bermanfaat sekali... seksesss sllu!!

    ReplyDelete